Cari Uang dari Internet ?, KAD solusinya. PTC Tertua, Terpercaya dan Terbaik Di Indonesia

Popular 1:1 Traffic Exchange

Selasa, 19 Mei 2009

KARAMBA JARING APUNG

Apakah karamba jaring apung itu ?

Karamba jaring apung adalah sebentuk wadah yang dilayangkan di dalam air. Wadah itu, semua sisi dan dasarnya diselubungi oleh jaring yang berfungsi untuk menahan ikan di dalamnya tetapi masih memungkinkan terjadinya pertukaran air secara bebas. Pertukaran air ini diperlukan untuk mendapatkan air yang masih sehat dan segar serta memungkinkan keluarnya hasil ekskresi ikan sehingga tidak meracuni ikan yang dipelihara di dalamnya.

Jaring yang digunakan haruslah terbuat dari bahan yang kuat, tahan lama serta tidak menggesek atau melukai ikan sehingga ikan yang dipelihara tidak stres. Untuk membuka rangkaian jaring tersebut, pada permukaan air dibuatkan kerangka dari besi pipa, bambu atau bahan lain yang dilengkapi dengan pelampung drum.

Sebagai pemberat jaring, dapat digunakan bandul-bandul kecil yang terbuat dari bola plastik atau botol bekas air mineral 1500ml dan di isi pasir atau cor. Pemberat ini berfungsi sebagai pembuka jaring di dalam air sehingga volume karamba menjadi maksimal. Agar karamba jaring apung tetap berada di posisinya dan tidak bergeser akibat terpaan angin atau ombak, maka rangkaian karamba tersebut harus diberi bandul besar atau jangkar.

Bentuk dan ukuran karamba jaring apung harus sesuai dengan lokasi yang tersedia disamping juga disesuaikan dengan kebutuhan. Pada umumnya karamba jaring apung berbentuk bujur sangkar, namun demikian di beberapa tempat dapat pula kita temukan karamba bentuk lain seperti persegi panjang,. segi enam bahkan bundar sekalipun. Demikian pula dengan ukurannya, mulai dari volume 1 m3 hingga 100 m3 bahkan lebih besar lagi, akan tetapi karamba yang kecil akan lebih mudah pengelolaannya.

Salah satu kelebihan budidaya ikan dengan menggunakan karamba jaring apung ini bila dibandingkan dengan teknik budidaya ikan yang lainnya adalah teknik ini bukan merupakan pesaing, bahkan bersifat pelengkap bagi teknik budidaya ikan yang lain misalnya budidaya mina padi.

Budidaya ikan dalam karamba jaring apung dapat diterapkan pada hampir semua jenis ikan yang sudah biasa dibudidayakan. Teknik budidaya ini juga dapat diterapkan pada perairan umum alami seperti waduk, danau, sungai, muara sungai, pantai, aliran pasang surut, laguna laut, teluk dan perairan umum lainnya yang biasanya kurang praktis untuk diterapkan dengan teknik budidaya ikan yang lainnya.

Kelebihan yang lain adalah secara teknologi relatif sederhana, tidak termasuk proyek padat modal, kontrol ikan dapat dilakukan dengan mudah serta tentu saja secara ekonomis cukup menguntungkan

Tidak ada komentar: