Cari Uang dari Internet ?, KAD solusinya. PTC Tertua, Terpercaya dan Terbaik Di Indonesia

Popular 1:1 Traffic Exchange

Kamis, 18 Maret 2010

MISTERI DALAM BUDIDAYA IKAN (bag 2)

Mungkin bagi sebagian orang sebenarnya hal ini bukanlah suatu misteri, namun bagi saya dan mungkin juga sebagian orang yang lainnya hal ini untuk sementara masih merupakan misteri karena belum menemukan penyebabnya. Adapun hal yang saya maksud adalah :

Kejadian ini berdasarkan pengalam saya selama memelihara ikan nila (Oreochromis sp.) dalam Karamba jaring terapung di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah sejak 16 tahun yang lalu. Mulanya saya tidak begitu memperhatikan, tapi lama-lama kejadian ini jadi pusat perhatian saya juga.

Tanggapan Ikan terhadap Arah Angin

Biasanya, angin yang bertiup di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri itu dari Selatan ke Utara, kencang atau tidaknya tiupan angin sangat tergantung pada musim dan waktunya. Pada musim kemarau biasanya tiupan angin akan sangat kencang, sedangkan pada musim hujan cenderung lebih kecil kecuali saat cuaca sedang mendung. Begitu juga pada sore dan malam hari, biasanya angin bertiup lebih kencang dibandingkan pada pagi hingga siang hari. Ikan-ikan itu cenderung lebih senang bila angin bertiup cukup kencang.

Kejadian aneh akan terjadi bila tiba-tiba arah angin berubah, terlebih lagi kalau perubahan tersebut sangat drastis yaitu dari arah Utara ke Selatan. Walaupun sebelumnya ikan-ikan itu sedang lahap memakan pakan yang kita berikan, mereka akan berhenti seketika dari acara makannya begitu arah angin berubah. Kejadian seperti ini biasanya terjadi pada musim hujan, lebih tepatnya pada saat mendung sebelum hujan.

Nah aneh bukan ?

Tidak ada komentar: